Bongko Roti

Udah pernah denger nama kue ‘Bongko Roti’…? Mungkin sebagian merasa asing dengan nama kue ini. Saya sendiri nggak tau sejarah asal usul kue ini. Kata Ibu tetangga belakang rumah, beliau menemukan bongko roti seperti yang saya buat, di daerah jateng bagian barat (purwokerto,brebes dsb). “Setau saya, jajanan ini agak jarang dijumpai di Yogya dan sekitarnya, Mba” Tambah ibu tersebut. Kata yang upload resep bongko roti di web http://baltyra.com beliau sering menemui jajanan ini waktu masih di Brebes dulu. Kata Vhe (adek angkatan di UGM) yang berasal dari Solo, ini mirip Carang Gesing di daerahnya. Yang jelas ini bukan bongko mento dari Jepara, karna beda bahannya. Dan agak mirip Bebongko dari Banjar, hanya yang membedakan Bebongko memakai tepung beras, sedangkan bongko roti tidak. Kalo menurut jelajah kulinernya seorang kompasianer, di Gresik ada Bongko Kopyor yang rame dijual menjelang berbuka selama Bulan Ramadhan, sepertinya adonan dasarnya mirip dengan bongko roti, hanya isinya berbeda.

Ini Bongko Roti ala Dapur Kazoku Ai11

Ini Bongko Roti ala Dapur Kazoku Ai11

Bongko Roti berbahan dasar roti tawar, pisang. Roti tawar bisa diganti dengan biskuit manis, dan lebih enak ditambahkan potongan nangka. Penasaran, dari mana aku tahu tentang jajanan ini?

Dulu waktu aku masih kecil, ibuku sering bikin kue bongko roti yang dibungkus daun pisang. Terkadang ibu membuat untuk memanfaatkan lebihan/ sisa biskuit yang masih bagus tapi tidak termakan. Tapi seringnya, Ibu membuatnya spesial ketika Mas Akbar (satu-satunya kakak saya yang cowok) akan pulang ke Tegal. “Yuk, ikut bikin Bongko Roti nduk…, besok Mas mu pulang dari Jakarta” Kata Ibu.

Nah, setelah di Yogya, entah kenapa ada rasa penasaran untuk mencoba membuat bongko roti ini. Meskipun entah kenapa juga, penasaran pengen nyoba nya baru muncul pasca nikah. Dulu waktu masih tinggal di Kalasan, aku pernah bikin tapi agak keenceran. Nah, kemarin (Rabu, 10 Desember 2013) aku mencoba bikin bongko roti lagi..

Bahan dan resep di upload menyusul aja ya….^^

Trus… habis udah jadi tu bongko roti, udah ku foto-foto… Kuambil hape dan ku sms Mas Akbar:

Aku : (mode chat sama Dek Prabu -putra sulung mas Akbar) “Aslmkm.. Dek Prabu.. Te Tya bikin bongko roti niy di Yogya.. Resep dari mbah putri.. Mau…?? Cini , cini… πŸ˜‰ ”

Bro Ali Akbar : “Wa’alaykumsalam wr.wb. Mana Te..? Prabu mau dong.. Bikin di Indramayu aja, Te.. Ntar Prabu bantuin…”

Aku : “Ni tnte lg maem bongko nya uenak buanget lo.. πŸ˜› . Jadi inget dulu kalo abi mau pulang ke Tegal, mesti mbah putri bikin bongko kesuakaan abi.. :-)”

Bro Ali Akbar : “Mbah Putri bikinnya buat Abi, tapi yang abisin te taya ya…? :-D. Te Tya kapan ketemu sama Prabu lagi.. Ntar keburu prabu punya dedek…”

Aku : “Hehehe…Tau aja… πŸ˜€ .. Iya niy.. Kapa ya ke Indramayu.. Um nya belum dapet libur lama.. Ketemu di Tegal aja yuk..”

– Udah gitu deh ceritanye.. Makasi udah mau nyimak..-

2 thoughts on “Bongko Roti

  1. waow…ada namaku disebut2….
    besok2 lagi ya mbak…
    etapi klo mau ada itu lagi, bilang2 dulu..biar bs bawa wadah dr kosan… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s