In Memoriam My Beloved Father

9 Juni 2014

Pukul 06.45. Mas Atmo, kakak iparku menelepon dari Tegal, “Tya, tadi pagi mas Atmo ke Pesurungan, Papah agak sakit, kemungkinan akan dibawa ke rumahsakit”.

Pukul 08.15. Aku menelepon rumah, diangkat oleh Mba Heny

Tya : Mba, kata mas Atmo, Papah sakit…gmana kondisinya…?

Mb Heny : Iya, sekarang papah udah nggak ada…yang sabar ya…

Tya : Udah nggak ada gmn, maksudnya mba?

Mb Heny: Udah meninggal

“Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji’un”

Continue reading

Smart dan Smartphone

Smart itu sesuai dengan prinsip hidup aku.. *idih..narsis.. Yup, aku berpikir, jadi apapun kita, kita harus smart. Sebagai anak sekolah, smart itu bukan sekedar dapet nilai bagus ato masuk rangking 10 besar di kelas. Anak sekolah yang smart itu kalo dia mulai aktif ikut organisasi demi mengasah leadership dalam dirinya. Sebagai anak kuliah, smart itu bukan saja dia mampu mencari literatur lain di luar yang diberikan dosen. Atau bukan sekedar mahasiswa yang aktif ikut organisasi saja, tapi smart berarti saat dia tidak masuk kuliah, dia tidak nitip absen pada temannya demi mengejar syarat ujian –kehadiran 75%. Sebagai pegawai swasta atau PNS, juga harus smart, dengan menjadi trensetter kebaikan di lingkungannya. Menjadi karyawan yang smart bisa juga dilakukan dengan mengurangi keterlambatan saat masuk kantor, dan meminimalisir absen kerja karena alasan sepele. Sebagai guru, smart itu bukan sekedar rajin ngajar saja, tapi juga taat ketika pihak sekolah meminta kelengkapan administrasi (seperti RPP, rekap nilai, dsb). Juga ketika bisa membina hubungan yang baik dan akrab dengan anak didik.

Ini dia Jagoan Internet kita..

Smart itu identik dengan multitasking. Artinya bisa menjalani banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan. Ada added value (nilai tambah) dalam menjalani perannya. Selain bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, dia juga bisa melakukan hal produktif lain.  Berat memang, tapi percaya deh, hal itu bikin tubuh jadi sehat.

Menjalani peran sebagai anak sekolah, anak kuliah, guru, dan pegawai swasta, sudah pernah aku lakukan. Sekarang peranku adalah sebagai istri dan ibu rumahtangga (meskipun belum punya momongan, tapi aku dititipin keponakan yang tinggal serumah). Bisa dibilang, aku newby dalam menjalani peran ini. Trus aku ngebayangin, jadi istri dan ibu rumahtangga yang smart itu gimana ya.

Yang jelas, jadi istri dan ibu rumahtangga yang smart itu harus bisa multitasking. *Mari kita singkat sebutan untuk istri dan ibu rumahtangga dengan EMAK. Biar nggak kepanjangan gitu ngetiknya. Menjadi seorang emak harus mengurusi kebutuhan hajat hidup orang serumah. Kadang dalam waktu  yang mepet, emak harus menyiapkan baju untuk suami dan anak, memasak untuk sarapan, memanaskan air untuk mandi anak, membuatkan susu/ bubur untuk si kecil, mengecek perlengkapan sekolah anak, membeli sayur dan bumbu untuk memasak. Semua harus selesai dalam waktu sekitar 2-3 jam. Wow, kebayang betapa sibuknya sang emak.

Kalo mau jadi emak yang smart, berarti harus multitasking. Kalo mau multitasking, berarti harus ada aktivitas yang bernilai lebih dalam menjalani perannya. Sekecil apapun bentuk dari aktivitas nilai tambah yang dilakukan. *Wadow..orang ngejalanin peran emak aselinya aja udah rempong banget yak. Mau dituntut nilai lebih apa lagi siy..

Yang saya bayangkan ketika menjadi sosok emak yang SMART adalah, selain urusan dapur beres, nyambi jualan online. Apa kek bisa baju anak, tas, kerudung, ato apapun lah. Trus juga bisa mengembangkan hobinya. Misal yang hobi hiking, punya program hiking bareng keluarga ato temen. Ato hobi masak, bisa sambil buka katering kecil-kecilan dan nerima pesenan, minimal dari tetangga ato sodara. bagi yang hobi handicrafting kayak menyulam, menjahit, merajut ato sulam kristik, punya waktu khusus untuk mengajarkan ketrampilannya pada sesama emak.

Nah, multitasking itu akan lebih mungkin dilakukan jika ditunjang dengan fasilitas seperti smartphone. Iyyya, pppooo….?? (logat emak-emak yogya). Aku nggak bilang kalo emak yang smart itu selalu punya smartphone. Karna ada juga emak yang punya smartphone tapi cuma bisa difungsiin buat sms, telfon, muter lagu kesukaan anaknya yang masih baby. Karena fesbuknya nggak diaktifin. Punya akun fesbuk tapi males ngaktifinnya. Ngerasa nggak terlalu berguna. Twitter apalagi. Mau jeprat-jepret pake kamera HP bisa, hasilnya kurang oke jadinya jarang dipake juga. Punya akun di What’sAp sama BBM, tapi sepi-sepi aja.

Padahal, para smartphone dan sodaranya (windows phone, blackberry, android, iPhone), merancang kecanggihannya untuk memudahkan penggunanya bisa multitasking. *sotoy.. darimana lu tau? Dari pengamatan, pengalaman ditambah baca-baca artikel, bro..

Sampe suatu hari, sambil nopang dagu di meja kerja, saya ngebayangin, emak yang smart itu..

1# Di saat suami gajian awal bulan, si emak dititipin segepok duit buat ngepulin asap dapur (ini makna konotasi ya, plis.. jangan salah arti). Begitu dititipin, si emak langsung meresponnya dengan smart. Responnya ga cuma sekedar peluk en cium en bilang makasi ke suami, jeng. Respon emak ini SMART banget. Emak langsung memasukkan nominal uang tersebut ke aplikasi MONEY LOVER di smartphone androidnya. Sekaligus merekap keuangan keluarga bulan lalu.

money loverDapet info dari tetangga sebelah, ada juga aplikasi namanya AMPLOP.IN buat ngatur keuangan yang ciamik dan pake bahasa indonesia. Layanan aplikasi ini berbasis web, bukan smartphone. Jadi lebih fleksibel. Tinggal buat akun, kita udah bisa menikmati layanan ini. Smart banget, kan pren..

aplikasi amplip.on yang smart buat ngatur keuangan

aplikasi amplop.in yang smart

2# Di pagi hari saat anak-anak dan suami udah berangkat semua, sambil goreng ayam tepung dan masak sayur asem buat makan siang, si emak dengan smartnya nyempetin buat ceki-ceki twitter en fesbuk. Bukan sekedar kepo in status temen temen sepergaulan, bukan sekedar bales komentar ngikutin gosip lo. Si emak lebih seneng ngupload barang baru di lapaknya atau ngerespon customer yang mau pesen barang atau kirim postingan yang bagus en unyu unyu.

Lapak jualan di fesbuk yang smart banget

Lapak jualan di fesbuk yang smart banget

3# Di siang hari sambil nunggu anak-anak pulang sekolah, saat urusan rumah udah kelar, waktunya main sama si kecil (usia 2 thn 5 bln). Usia ini sering disebut dengan usia preschool. Menurut Bu Kuswari Hernawati, dosen FMIPA UNY dalam sebuah seminar nasional, menyebutkan bahwa aplikasi smartphone bisa digunakan sebagai sarana belajar anak sambil bermain. Karena banyak aplikasi yang bersifat permainan namun juga mendidik, yang tersedia pada smartphone. Nah, di usia ini, si kecil sudah boleh diajarkan mengenal warna maka Emak mengajak si kecil bermain sambil mengenal warna. Dan jika dibutuhkan, Emak akan membuka aplikasi KIDS COLOR.

kids color buat anak 2 tahun

kids color buat belajar warna

aplikasi kids color

Nanti kalo sudah genap 3 tahun, emak akan mengenalkan huruf dan jika butuh bantuan, emak akan membuka aplikasi PRESCHOOL ALL WORDS 3 LITE. Wow, smart, bukan..

Gambar menu aplikasi Preschool All Words

Gambar menu aplikasi Preschool All Words

belajar mengenali gambar

4# Di saat bosen masak itu itu melulu dan pengen variasi masakan atau pengen bikin kue, emak tinggal buka aplikasi SAJIAN SEDAP yang smart banget di smartphonenya.

menu di sajian sedap

bisa cari resep masakan

contoh resep salah satu masakan

Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel

Resensi Film Brave (2012)

“Ada yang berkata, Takdir kita terikat dengan daratan. Seperti kaum kita yang tinggal di atasnya. Yang lain berkata, Takdir bagai benang yang ditenun menjadi kain. Jadi, takdir terikat dengan banyak orang. Itulah yang kita cari, atau kita perjuangkan untuk merubahnya. Ada yang tak pernah menemukan takdirnya. Tapi ada yang dituntun menuju ke takdirnya. (Preambule dari film Brave, 2012)”

Brave, FIlm yg SMART en KREATIF

Brave, FIlm keluarga yg SMART en KREATIF

Film Brave ini menurutku adalah film release tahun 2012 yang paling kreatif dan smart buat ditonton kita. Meskipun film Brave ini animasi kartun, kisah ini bukan sekedar kisah anak-anak yang konyol atau penuh khayalan. Film ini sarat dengan moral value yang bisa kita petik sarinya. Jika anda seorang Ibu, film ini pun bisa memberi kita suatu pandangan lain tentang sikap seorang Ibu.

Fergus dan Keluarga

Fergus dan Keluarga

Cerita ini tentang sebuah keluarga pemimpin kepala suku (Fergus namanya), yang memiliki istri cantik bernama Ellinor dengan 4 anak. Anak sulungnya perempuan, Merida, tuan putri berambut ikal panjang berwarna merah yang suka berpetualang dan pandai memanah.

Fergus mengajarkan Merida kecil memanah

Fergus mengajarkan Merida kecil memanah

Brave (2012).mkv_000113155

Keakraban sang Ibu (Ellinor) dengan Merida kecil

Sangat menarik memperhatikan karakter Ellinor, istri kepala suku yang cantik, lembut, beretika, pintar. Juga ibu yang serba bisa dan berusaha memberikan yang terbaik bagi keluarganya.

Brave (2012).mkv_000344010 Continue reading

Resep Bongko Roti

Nah, mau tau bahan dan cara membuat Bongko Roti..? It’s so simple.. So, kamu harus mencobanya di rumah.. Because it’s so easy, man.. *halah, lebay..

Bahan untuk adonan:

Bahan membuat Bongko Roti

Bahan membuat Bongko Roti

– 4 butir telur

– 1 bungkus santan siap pakai 65 mL (alternatif bagi yang nggak pengen ribet)

– 4 sampe 5 gelas air putih -boleh matang, boleh air keran dari PDAM (pake gelas bervolume sekitar 200 cc/ 200 mL)

– 2 sendok gula pasir -sesuai selera (boleh ditambah gula merah juga)

– 1 sendok teh  garam

– 4 sendok makan tepung terigu (di beberapa resep ga pake ini, jadi sifatnya sunnah aja, tapi kata ibu saya, biar adonan nggak terlalu encer dikasih tepung terigu gitu)

– 2 lembar daun pandan, dipotong serong

Bahan untuk campuran:

– 8- 10 lembar roti tawar yang masih berkulit, dipotong kotak (bisa juga diganti biskuit)

Potongan Roti Tawar

Potongan Roti Tawar

– 5 buah pisang dipotong-potong (maaf, kali ini saya nggak dapet pisang yang bagus jadi foto pisang nggak saya upload)

– 1/4 kg buah nangka, dipotong-potong – sesuai selera dan kebutuhan (harga nangka yang saya beli di pasar, 1/4 kg  5000 lo jeng.. Mahal ato murah si..?)

potongan nangka

potongan nangka

Cara Membuat

1. Campur air dengan tepung terigu hingga merata, lalu campurkan dengan telur yang sudah dikocok. Setelah tercampur rata, tambahkan dengan gula pasir dan  garam hingga tercampur merata, dan terakhir tambahkan santan dan aduk hingga merata. O iya, untuk daun pandan, bisa dimasukkan di adonan ini.

Adonan Bongko Roti yang belum dicampur bahan campuran/ bahan isi

Adonan Bongko Roti yang belum dicampur bahan campuran/ bahan isi

2. Siapkan tempat untuk mengukus. Pengalaman saya kemarin, karena tempat yang digunakan kecil, saya harus mengukus beberapa kloter dengan beberapa tempat. Jika seperti itu, saya sarankan untuk mencampur adonan dengan bahan isi ketika sudah siap dikukus. Tapi, kurangtau juga ding.. Intinya, tahap selanjutnya: campurkan bahan dengan adonan.

3. Siapkan panci untuk mengukus, dan kukus sekitar 30 menit

4. Bongko roti lebih enak disantap jika sudah agak adem dan nggak panas, karna teksturnya mulai memadat ketika suhu menurun. sedangkan ketika masih panas, tekstur cenderung agak cair.

*Note: Bongko yang saya buat ada 3 loyang/ tempat mengukus, yang dikukus pertama bagus, tapi masih agak cair, yang kedua ancur -cair banget, yang dikukus terakhir yang oke: padat dan ga cair.

Ini kloter ketiga

Ini kloter ketiga

Evaluasi Bongko Roti buatan saya:

– Terlalu manis

– Potongan roti terlalu besar, jadi rasa roti nya masih kerasa (yang lebih enak, mayoritas rasa dari setiap gigitan adalah rasa bongko -manis, padat tapi lembut-)

-Sekian dan Terima Kasih.. Selamat Mencoba di rumah-

www.kazokuai11.wordpress.com/2013/12/17/resep-bongko-roti/

Bongko Roti

Udah pernah denger nama kue ‘Bongko Roti’…? Mungkin sebagian merasa asing dengan nama kue ini. Saya sendiri nggak tau sejarah asal usul kue ini. Kata Ibu tetangga belakang rumah, beliau menemukan bongko roti seperti yang saya buat, di daerah jateng bagian barat (purwokerto,brebes dsb). “Setau saya, jajanan ini agak jarang dijumpai di Yogya dan sekitarnya, Mba” Tambah ibu tersebut. Kata yang upload resep bongko roti di web http://baltyra.com beliau sering menemui jajanan ini waktu masih di Brebes dulu. Kata Vhe (adek angkatan di UGM) yang berasal dari Solo, ini mirip Carang Gesing di daerahnya. Yang jelas ini bukan bongko mento dari Jepara, karna beda bahannya. Dan agak mirip Bebongko dari Banjar, hanya yang membedakan Bebongko memakai tepung beras, sedangkan bongko roti tidak. Kalo menurut jelajah kulinernya seorang kompasianer, di Gresik ada Bongko Kopyor yang rame dijual menjelang berbuka selama Bulan Ramadhan, sepertinya adonan dasarnya mirip dengan bongko roti, hanya isinya berbeda.

Ini Bongko Roti ala Dapur Kazoku Ai11

Ini Bongko Roti ala Dapur Kazoku Ai11

Bongko Roti berbahan dasar roti tawar, pisang. Roti tawar bisa diganti dengan biskuit manis, dan lebih enak ditambahkan potongan nangka. Penasaran, dari mana aku tahu tentang jajanan ini?

Continue reading

Boleh Curhat nggak…

Mau curhat niy..
Tau ga si, hal yang bikin aku terkadang males blogging ato males update tulisan di blog..
Bukan karna nggak ada yang menarik buat di upload…
sebenernya aku punya list ide-ide segar buat aku upload di blog..

Tapi kadang waktu udah upload tulisan, trus mau ku upload gambar biar lebih menarik…

Nah ini lho yang kadang sering bikin mutung… Koneksi internet ku sering ‘error’ en ‘crunching’ gitu waktu ngapload foto or gambar.. Ih malesin banget deh.. Emang si, foto-foto yang kuambil kan kebanyakan pake camdig dan ukuran nya aga gedhe (minimal 1 MB/ 1000 KB).. Jadi mungkin operator servernya kagak kuat ngangkatnya.. Hufft suka bete deh kalo gini.. Gimana nggak, orang lagi punya event bagus, trus aku foto.. Secara aku punya blog, ya pengen ku share di blog juga lah ya… Lagi semangat-semangatnya mau ngapload, eh di tengah jalan crunching.. dicoba lagi besoknya.. tetep error.. Trus dicoba upload nya di jam-jam sepi (abis subuh ato di atas jam 23.00).. Jiah..masih aja ngerror.. Iiiiihhhhhhh………. *pengen nangis sambil ngosek-ngosek di lantai deh..

Jangankan ngapload foto segitu gedhenya.. Buat open dashboard wordpress ku aja kadang lamanya ga ketulungan.. harus di refresh refresh terus sampe tampilannya normal en ga aneh krn daya uploadnya yang kurang bagus…hufft…

Sampe akhirnya… Jeng jeng jeng… The hero is coming… Suami saranin aku buat pake smartfren.. Yang namanya hero, ya emang kece banget.. Nggak cuma kasih saran, man.. Tapi sekalian dibawain tu Si Smartfren ke rumah buat bantuin aku upload foto.. Dan ternyata bro… Hasilnya bener-bener cettar membahana… Upload bisa cepet en lancar bangets… Uhuy… Jadi kegirangan deh aye.. Makaci suami ku.. You are always be my hero dweh…

Ini dia Jagoan Internet kita..

Ini dia Jagoan Internet kita..

Makasi, Smartfren..

Makasi, Smartfren..

Sebenernye disini bukannya mau ngejelek-jelekin operator server ku yang sebelumnya kok.. Bagaimanapun, dia udah setia nemenin aku dan menjaga kesehatan kantong ku… hehe.. Dan meskipun begitu, server ini buat download aplikasi ato download apapun, bisa kuenceng kok… Kalo masalah download, aku nggak meragukan server ini, bro en sist..